Saturday 27 February 2016

0 Deteksi Virus Zika dengan Cara Ini (Ibu Hamil)

Virus Zika ramai diperbincangkan sejak tahun 2015 lalu ketika virus ini dilaporkan menginfeksi ibu hamil dan diduga menularkannya ke janin. Akibatnya, bayi lahir dengan kelainan ukuran kepala kecil (mikrosefali) dan mengalami cacat permanen.

Sejak kasus itu, banyak yang mencari tahu mengenai virus Zika. Apa perbedaan virus zika dengan demam berdarah? Bagaimana cara mendeteksi dan mencegah terpapar virus Zika?

Apa Perbedaan Gejala Virus Zika dengan Virus Demam Berdarah?
Faktor kemiripan gejala ini yang kadang menyebabkan virus Zika sulit terdeteksi awalnya.

Gejala infeksi virus ini pun mirip dengan infeksi virus Dengue, yaitu demam, lemas, sakit kepala, nyeri otot dan sendi. Pada beberapa kasus Zika dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun.
Gejala yang membedakan adalah pasien yang terpapar virus Zika akan mengalami bintik kemerahan atau ruam di tubuhnya serta mengalami konjungtiva (mata kemerahan karena radang). Selain itu, infeksi virus Zika justru tidak menurunkan trombosit.

Bagaimana Penularan Virus Zika?
Selain ditularkan oleh ibu hamil ke janin, dugaan lain adalah virus Zika bisa menular melalui hubungan seksual. Tahun 2011 seorang ilmuwan yang bekerja di Senegal saat dilanda Zika menularkan virus ini pada istrinya ketika pulang ke Colorado.

Lalu pada 2015 virus Zika ditemukan pada sperma seorang pria 44 tahun di Tahiti. Sebagian dokter juga berpendapat, virus Zika dapat menyebar melalui transfusi darah.

Apakah Virus Zika Sudah Ada di Indonesia?
Dari sejumlah sumber, keberadaan virus Zika di Indonesia mulai terekam pada tahun 1981 ketika peneliti Australia melaporkan pasien yang terpapar virus Zika bepergian ke Indonesia.

Berlanjut pada 2013 terdapat laporan seorang warga negara Australia yang terinfeksi virus Zika setelah bepergian ke Indonesia. Tetapi pada 2015 lembaga Eijkman Jakarta telah berhasil mengisolir virus ini dari Indonesia.

Namun, masyarakat tetap harus waspada dan menghindari kontak dengan nyamuk pembawa virus tersebut.

baca juga cara mencegah virus zika

Post a Comment

Translate

Music Player

small rss seocips Music MP3
Endless Love
Jackie ChanEndless Love
Powered by Blogger.
 

Add Me
Follow Me
Follow Me